Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan yang dinanti-nanti umat Islam. Selain berpuasa, amalan yang dilakukan pada bulan tersebut memiliki nilai pahala yang berlipat ganda.
Salah satunya yaitu Shalat tarawih, salat sunah yang dilakukan setiap malam pada bulan Ramadan selepas salat isya. Shalat tarawih dapat dilakukan sendiri atau secara berjamaah di masjid. Jumlah rakaat shalat tarawih pun beragam ada yang delapan rakaat dengan dua kali salam dan 20 rakaat. Biasanya salat ini dilanjutkan dengan salat witir sebanyak tiga rakaat.
Shalat Tarawih disebut memiliki banyak keutamaan lantaran hanya dapat dilakukan di bulan Ramadan, bulan yang penuh rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.
Berdasarkan hadis dari HR Tirmidzi, shalat tarawih disebut memiliki pahala yang serupa dengan shalat semalam suntuk.
"Sesungguhnya siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk," bunyi hadis dari HR Tirmidzi.
Shalat Tarawih sebagaimana salat malam lainnya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan selama bulan ramadhan. Hal ini bisa membantu kita semakin dekat dengan Allah SWT sebagaimana dalam hadits berbunyi :
“Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR Ahmad).