Infaq dan Shadaqah, Apa Perbedaannya?

Sering kali diucapkan namun masih banyak yang belum mengetahui perbedaan antara infaq dan Shadaqah. Beberapa dari mereka justru menganggapnya sama saja dan tidak memiliki perbedaan. Padahal jika kita tela'ah lebih dalam mengenai keduanya dengan didasari dari tinjuan ilmu bahasa dan landasan dari Al-Qur'an dan Hadist, maka kita akan mendapatkan bahwa antara sedekah dan infaq disamping memiliki kesamaan, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan yang mungkin banyak dari kaum muslimin yang belum mengetahuinya.

Infaq adalah mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam. Infaq diantaranya adalah infaq kepada fakir miskin sesama muslim, infaq untuk bencana alam dll. Berbeda dengan zakat, dana infaq dapat diberikan kepada siapapun meskipun tidak termasuk dalam delapan asnaf (golongan yang berhak menerima zakat).

Infaq dikeluarkan oleh setiap orang yang beriman, baik yang berpenghasilan tinggi maupun rendah, baik di saat ia lapang maupun sempit. Untuk kata munfiq adalah orang-orang yang mengeluarkan infaq yang diperuntukkan pada hal-hal yang berada di jalan Allah SWT.

Shadaqah maknanya lebih luas dari zakat dan infaq. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2011 Shadaqah atau sedekah merupakan harta atau nonharta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Kita sebagai umat Islam bisa mendapatkan pahala sedekah dengan melakukan kebaikan sekecil apapun.

Termasuk juga menurut Hadist Nabi, senyum yang tulus ikhlas dan kata-kata yang baik itu juga sebagai salah satu bentuk shadaqah. Begitu juga dengan memberikan kebahagiaan kepada orang lain dalam bentuk apapun yang diridhai Allah juga adalah salah satu perbuatan shadaqah. Dengan demikian secara umum shadaqah bermakna semua kebajikan atau kebaikan yang mengharap ridha Allah SWT. Mutashaddiq adalah orang yang mengeluarkan sedekah yang diperuntukkan pada hal-hal yang berada di jalan Allah SWT.

Lalu, apa yang membedakan Infaq dan Shadaqah?

Perbedaan antara infaq dan shadaqah adalah pada batasan yang diberikan. Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa infaq hanya terbatas ,pada amalan berupa harta, sedangkan sedekah cakupannya lebih luas bisa berupa harta atau yang tidak meliputi harta seperti memberikan senyuman, menyingkirkan batu dari jalan, dan sebagainya.

Sebagaimana seperti yang dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhori bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Kullu ma’rufin shodaqoh” yang artinya adalah setiap perbuatan baik adalah sedekah